Bubur Ayam

Berikut ini resep bubur ayam yang saya pakai. Bikinnya sih gampang dan nggak lama. Dan anak2 juga suka biasanya. 😉.

Buryam
Bubur Ayam Praktis ala mamaMARE, Photo by mamaMARE’s cookBOOK

Bahan Bubur
200 gram beras (setara dengan 1 cangkir beras), cuci bersih
1 batang serai, memarkan
Jahe iris, sedikit saja
2.5 liter air kaldu ayam/air rebusan ayam (note: bisa saja diganti dengan 2.5 liter air dan 1 sdt kaldu ayam bubuk)
Garam secukupnya

Bahan Kuah
8 butir bawang merah (note: bisa diganti dengan 1/2 siung bawang bombay besar, atau 1 bawang bombay kecil)
4 siung bawang putih
1 butir kemiri (saya pernah bikin tanpa kemiri, tetap enak kok rasanya)
1 cm jahe
1/2 sdt ketumbar
3 cm kunyit
2 cm lengkuas
Haluskan semuanya.
1/2 ekor ayam
2 batang serai, memarkan (note: karena di sini serai mahalnya luar biasa: 2 batang serai $2.5, maka saya biasanya cuma pakai 1 batang serai aja)
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1/2 sdr merica bubuk
1 liter air
Minyak untuk menumis
Garam secukupnya

Bahan Pelengkap
Kerupuk gado2
Bawang goreng
Seledri cincang
Sate ampela dan cakwe iris (jika ada)
Kecap manis, saus tomat, sambal

Cara Membuat
1. Bubur: masak beras beserta semua bahan bubur lainnya hingga meresap dan kental. Lalu sisihkan.
2. Kuah:
a. Panaskan minyak, lalu tumis semua bumbu halus, serai, daun jeruk, dan daun salam hingga wangi.
b. Lalu masukkan ayam, garam, dan merica bubuk. Aduk hingga berubah warna.
c. Masukkan air. Masak hingga matang dan bumbu meresap.
3. Angkat ayam, suwir-suwir (Note: biar lebih mantap rasanya, saya selalu menggoreng dulu ayam2 ini sebelum disuwir2.)
4. Sajikan bubur, bersama ayam suwir, bahan pelengkap dan kuah kuningnya.
Caranya: ambil 2 atau 3 sdm bubur, taruh ke dalam mangkok, siram dengan kuah. Lalu taburi seledri, bawang goreng, suwiran ayam, plus cakwe iris dan sate ampela jika ada. Hidangkan dengan kerupuk gado2 di atasnya. Tambahkan kecap manis, saus tomat, dan sambal sesuai selera. Jadi deh.

Dan bubur ayam ini enaknya dimakan selagi hangat. Jadi, pas banget untuk sarapan di kala musim hujan atau di saat musim dingin tiba🙂

Selamat mencoba!

Cheers,
~mamaMARE

Gallery | This entry was posted in Recipes - Kids Menu, Recipes - Taste of Indonesia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s